Sabtu, 03 Des 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

UJI KOMPETENSI JURUSAN MULTIMEDIA DENGAN STMM (SEKOLAH TINGGI MULTIMEDIA) YOGYAKARTA

UNGARAN – 20 Agustus 2022, dalam rangka mengembangkan kompetensi alumni dan guru, SMKN H. Moenadi Ungaran bekerja sama dengan STMM (Sekolah Tinggi Multi Media) Yogyakarta melakukan kegiatan Pelatihan dan Uji Kompetensi dengan tema  Produksi Video Dokumenter yang dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 15 – 19 Agustus 2022 untuk acara pelatihan, dan acara Uji Kompetensi pada tanggal 20 – 21 Agustus 2022. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Ibu Imroatul Azizah, S.Pd. M.Si. selaku kepala SMKN H. Moenadi Ungaran. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.00 yang bertempat di aula SMKN H. Moenadi Ungaran.

Dalam acara pelatihan  produksi video dokumenter di SMKN H. Moenadi ini, ada 8 pemateri dari Dosen STMM Yogya yaitu, Drs. Priyo Wintar Y., M.Kom, Surasa, S.P.T., M.Sn., Suparna, S.Sos, MSn, Sarwanto, S.Pd, M.Cs, Sugiyo Winoto, SPT, M.Sn, Sudarman, S.Sos, M.A., Charles De Haan, S.Kom, MCs., Atmaja Septa Miyosa, S.Pd,M.Sn. dalam pelatihan ini diikuti oleh alumni dan guru SMKN H. Moenadi sebanyak 36 peserta.

Pada pelaksanaan pelatihan hari pertama materi yang disampaikan yaitu penulisan naskah,tata kamera,dan editing video yang disampaikan oleh seluruh pemateri dari STMM Yogya. Setelah materi selesai, peserta dikelompokkan untuk menentukan tema dan pembagian tugas, kemudian dilanjutkan membuat cerita yang akan mereka buat.

Pada hari kedua, peserta melaksanakan pengambilan video di lingkungan sekolah sesuai tema setiap kelompok. Tema yang diambil adalah mempublikasikan jurusan yang ada disekolah, yaitu jurusan APHP ( Agribisnis Pengolahan Hasil Pangan), ATPH (Agribisni Tanaman Pangan dan Hortikultural), dan DKV (Desain Komunikasi Visual).

Pada hari ketiga, peserta melakukan editing video di lab DKV. Dan pada hari keempat peserta mempresentasikan hasil video kelompok, dan dilanjutkan penutupan acara Pelatihan Produksi Video Dokumenter.

Pada hari kelima dan keenam melaksanakan Uji Kompetensi Video Editor yang diikuti oleh 36 peserta terdiri dari alumni dan Guru SMKN H. Moenadi , serta umum. Para peserta mendapatkan naskah dan bahan yang harus dikerjakan dengan waktu kurang lebih 4 jam.

Pesan dari ibu kepala sekolah SMKN H. Moenadi, pelatihan dan uji kompetensi ini supaya bisa di laksanakan kembali pada tahun berikutnya dan kerjasama yang telah terjalin diharapkan tetap bisa berlanjut.

Azzahraa salah satu peserta uji menyampaikan bahwa uji kompetensi ini sangat penting baginya untuk menunjang portofolio di dibidang pembuata dan editing video.

Kesan dari salah satu asesor Bapak Sarwanto, S.Pd.M.Cs, “Seluruh siswa siswi dan bapak ibu guru mengikuti kegiatan dengan serius dengan hasil yang memuaskan. Peserta yang dari alumni seluruhnya berpredikat kompeten.”

 

Penulis : Tim Multimedia

KELUAR