Sabtu, 03 Des 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

FIELD TRIP RA AISYAH TO SMK N H. MOENADI UNGARAN

Ungaran, Jumat, 28 Oktober 2022 diawali dengan seluruh siswa, guru, dan karyawan SMKN H. Moenadi Ungaran melaksanakan Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Setelah melaksanakan upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMKN H. Moenadi Ungaran kedatangan anak-anak dari RA AISYAH. Sekitar 150 anak yang berkunjung dan akan dibagi menjadi 3 tim yaitu tim biru, tim hijau dan Tim kuning.

Ada 3 tempat yang SMKN H. Moenadi Ungaran siapkan sebagai tempat belajar anak-anak dari RA AISYAH antara lain yaitu Aula SMKN H.MOENADI sebagai tempat belajar menggambar, Lab APHP sebagai tempat belajar membuat roti dan lahan sebagai tempat belajar menanam benih.

Rombongan pertama Tim Biru diarahkan menuju ke aula, mereka diajai untuk membuat sketsa petani memanen jagung yang dibimbing oleh Bapak Tiyok. Mereka diajari menggambar sketsa petani memanen jagung satu persatu dimulai dari kepala, badan, anggota tubuh, jagung dan pemandangan di sekitar gambar petani tersebut, dilanjut sesi foto anak- anak RA AISYAH bersama Bapak Tiyok . Kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat berikutnya

Rombongan kedua Tim hijau mereka berkunjung ke lab APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) yaitu tempat belajar praktik memasak, mengolah makanan siswa siswi jurusan APHP. Saat di lab anak-anak dari RA AISYAH  diajak mengamati peralatan yang digunakan untuk memasak, mengolah adonan dan membuat roti. Mereka diajak melihat proses mengolah adonan dengan menggunakan mixer, Bu Wena yang merupakan guru APHP menjadi pembimbing mengajak 2 anak dari RA Aisyah untuk membantu membentuk adonan. Anak-anak dari RA sangat antusias ingin membantu membentuk adonan roti tersebut, sebelum membentuk adonan roti tersebut kedua anak tadi dibimbing untuk mencuci tangan dahulu sebelum membentuk adonan, kemudian setelah mereka mencuci tangan mereka membentuk adonan dengan cara membulat bulatkan adonan yang kemudian diisi dengan selai cokelat lalu mereka disuruh kembali untuk membulat bulatkan adonan tersebut untuk segera dimasukkan ke tempat pengembang. Setelah mengembang adonan di oven sampai matang, setelah selesai mereka berbaris dan bernyanyi kemudian melanjutkan tur ke tempat berikutnya.

Yang ketiga Tim kuning, mereka berkunjung ke lahan. Sebelumnya mereka diajak ke gazebo untuk bernyanyi dan belajar tentang sayuran. Setelah itu, mereka diajak ke lahan untuk belajar menanam. Mereka belajar tentang tanaman jagung. Lalu, kakak-kakak dari ATPH mengajak anak-anak dari RA untuk menanam kangkung.

Setelah semuanya selesai, anak-anak dari RA AISYAH berkumpul di lapangan tengah untuk foto bersama. Sebelum kembali ke rumah masing-masing adik-adik dari RA AISYAH mendapatkan buah tangan berupa bibit tanaman cabai dari SMKN H Moenadi UngaranI.

Anak-anak RA AISYAH sangat senang karena bernyanyi, bermain dan belajar bersama dengan kakak-kakak dari SMKN H MOENADI.

Penulis           : Haniza Berliana A, Siswi SMKN H MOENADI

                          Lollita Renchie L, Siswi SMKN H MOENADI

KELUAR