Jumat, 03 Des 2021
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Workshop Video Pembelajaran Tahap 2

Ungaran. Jumat, 15 Oktober 2021 SMKN H Moenadi Ungaran melanjutkan kegiatan Workshop Video Pembelajaran  Tahap 2. Kegiatan ini merupakan kelanjutan tahap 1 pada tanggal 01 Oktober 2021. Materi workshop kali ini adalah proses produksi video berupa teknik pengambilan gambar.

Pengambilan gambar utama (bahasa Inggris: principal photography) adalah fase produksi di mana sinema difilmkan, dengan aktor-aktor di lokasi dan kamera-kamera dijalankan––berbeda dari pra-produksi dan pasca-produksi.

“Bentuk keadaan foto digital yang bagus dan mahal bukanlah selalu menjadi jaminan untuk hasilkan gambar/photo yang indah dan bernilai seni tinggi. Namun , tehnik pengambilan foto dan kejelian melihat moment pentinglah yang menjadi factor utama akan kualitas photo yang bernilai seni tinggi” Papar Andika, narasumber dari BPTIK Dikbud Propinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya narasumber menjelaskan untuk menghasilkan gambar yang indah, memiliki makna, dan “berbicara”, ada empat hal yang perlu kita perhatikan. Ke-empat hal ini merupakan elemen utama dari sebuah gambar yang indah, bermakna dan ‘berbicara’. Keempat hal tersebut adalah pencahayaan, komposisi pengambilan gambar, Sudut/Angle pengambilan gambar dan momen penting saat pengambilan gambar.

Wena Risadytia Putri, S.Tp,  merasa senang dengan kegiatan IHT tersebut. “Pengalaman menjadi peserta IHT yang memfokuskan pada pembuatan video pembelajaran, saya pribadi merasa ini hal baru karena saya belum pernah melakukan tapping, shot video ataupun editing sebelumnya. Apalagi saya dipilih menjadi salah satu contoh role model pengambilan video. Sangat berguna bagi saya pribadi ke depannya”, Ujar Guru APHP SMKN H Moenadi.

Hal senang diungkapkan Bapak Nur Wahid Al Gufron, S.Pd, “Workshop pembuatan video pembelajaran sangat bermanfaat dan bisa diaplikasikan, khususnya untuk materi-materi praktek yang membutuhkan contoh, seperti dalam mapel saya ada materi tentang pengurusan jenazah”, Ujar Guru PAI SMKN H Moenadi.

Penulis : Panitia IHT Video Pembelajaran SMKN H Moenadi Ungaran

 

KELUAR