Senin, 27 Jun 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Tuai Prestasi Di Masa Pandemi

Ungaran 29 September 2021 – POPDA atau akronim dari Pekan Olahraga Pelajar Daerah merupakan kegiatan berjenjang dengan berbagai cabang olahraga, dimulai dari tingkat kabupaten. Kegiatan ini menjadi nilai prestis tersendiri bagi setiap sekolah. Penyelenggara kegiatan ini yaitu Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga. Atlet yang terjaring pada event ini akan mengikuti persiapan menuju jenjang provinsi. Masih dalam masa pandemi, tahun 2021 kegiatan POPDA terlaksana dengan Protokol kesehatan yang sangat ketat.

SMK Negeri H Moenadi pada tahun 2021 ini berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Beberapa cabang olahraga yang diselenggarakan oleh panitia POPDA Kab. Semarang 2021 diikuti oleh TIM POPDA Sekolah. Taekwondo, Pencak Silat, dan Bola Voli putra maupun putri. Dengan menerjunkan peserta didik dalam kegiatan POPDA tersebut, memberikan kesempatan peserta didik untuk menunjukkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Taekwondo

Antonio Robinson kontingen Taekwondo Kanimoera

Cabang olahraga yang pertama diikuti oleh SMK Negeri H Moenadi Ungaran, menugaskan dua atletnya yaitu Antonio Robinson dan Imam Husain. Dua atlet andalan SMK Negeri H Moenadi itu bertanding secara virtual pada 10 September 2021. Dengan memalui beberapa tahap penilaian oleh juri, keluarlah nama Antonio Robinson sebagai peraih medali perak pada cabang olahraga Taekwondo.

Pencak Silat

Neni Rukaeni Kontingen Silat

Pencak silat menjadi cabang olahraga yang kedua diikuti oleh SMK Negeri H Moenadi Ungaran, menugaskan Neni Rukaini. Pada cabang olahraga ini juga dilaksanakan secara virtual. Proses pengambilan video dilaksanakan pada tanggal 18 sepetember 2021. Neni berharap mendapatkan hasil yang terbaik, karena telah melaksanakan persiapan dengan maksimal untuk mengikuti POPDA.

Bola Voli

Cabang olahraga yang diikuti oleh SMKN H Moenadi pada kegiatan POPDA Kabupaten Semarang 2021 yaitu Bola Voli. Dua nomor Cabor ini diikuti oleh kontingen SMKN H Moenadi yaitu Putra dan Putri. Sesuai dengan Visi dan Misi sekolah yaitu melakukan pembinaan secara berjenjang untuk menuai prestasi, dua nomor lomba bola voli ini memenuhi target sekolah.

Tim Bola Voli Putri Kanimoera

Bola voli putri muncul kembali setelah vakum selama 2 periode POPDA. Anggota tim bola voli putri terdiri dari Viona, Agres, Hima, Nadjwa, Hana, dan Dheya mampu menunjukkan potensi yang ada dalam diri mereka. Hanya saja pada POPDA kali ini langkah mereka terhenti ketika berhadapan dengan SMAN 1 Bergas.

Bola voli putra SMKN H Moenadi kembali muncul menjadi juara dihati penonton POPDA Kabupaten Semarang, meskipun pada fakta dilapangan memperoleh peringkat ke-2. Tim yang terdiri dari Bintang Purnama, Candra, Rafi, Johan, Daffa, Bagas, Andhika, Zaki, Erick, dan Reno ini, menyita perhatian pada gelaran POPDA tahun 2021. Perjuangan mereka mendapatkan apresiasi lebih dari pantia maupun penonton yang disiarkan secara virtual.

Tim Bola Voli Putra Kanimoera

Perjalanan Tim Bola Voli putra pada babak pertama bersua Tim Bola Voli SMKN 1 Jambu, dengan dimenangkan oleh SMKN H Moenadi dengan skor 2-0. Pada partai kedua, Tim bola voli berjupa SMK 1 ISSUD Ambarawa juga dengan Skor 2-0. Melaju babak semifinal, Tim Voli Kanimoera (Akronim SMKN H Moenadi Ungaran) berjumpa SMKN 1 Bancak. Dengan pertandingan yang menarik dan sengit, Kanimoera unggul 2-0 juga.

Pada babak final, Tim Kanimoera berjumpa tim yang dihadapi pada POPDA Tahun 2019 yaitu SMAN 1 Tuntang. SMA yang dari dahulu menjadi unggulan pada gelaran POPDA Kabupaten Semarang cabang bola voli putra. Nama besar SMAN 1 Tuntang tidak menyurutkan Daffa cs dalam pertandingan puncak, saling susul poin pada dua set membuat penonton terbatas di GOR Pandanaran Wujil dan secara virtual gemes. Daffa dkk harus mengakui kehebatan tim SMAN 1 Tuntang pada pertandingan final tersebut dengan skor 2-0, dimana setiap setnya hanya tertinggal beberpa angka.

Tim pelatih dan official kontingen bola voli Kanimoera tetap memberikan apresiasi atas apa yang diperoleh Daffa dkk, mendorong untuk mengikuti seluruh rangkaian POPDA hingga upacara penyerahan medali perak atau juara 2. “Prestasi dan permainan yang luar biasa ditunjukkan oleh anak-anak, dengan bermain enjoy dan menghibur sudah menjadi pemenang bagi saya dan mungkin warga SMKN H Moenadi yang menyaksikan anak-anak secara virtual’, ujar Bambang Hermawan sebagai official ketika POPDA.

“Anak-anak masih bisa melaju lebih tinggi lagi, tetap giat berlatih. Perjalanan baru dimulai, jangan menyerah untuk menggapai tujuan tertinggi”, ujar Pelatih Tim Bola Voli Kanimoera Ujang Kurniawan. Medali perunggu yang diperoleh tim bola voli putra Kanimoera diharapkan menjadi pelecut seluruh peserta didik SMKN H Moenadi Ungaran untuk menunjukkan potensi yang dimiliki. Plt Kepala sekolah Ardan Sirojuddin, S.Pd menerima kembali seluruh kontingen SMKN H Moenadi yang bertanding pada POPDA Kabupaten Semarang tahun 2021, “Selamat dan terima kasih untuk seluruh kontingen SMKN H Moenadi Ungaran yang telah berjuang, tingkatkan latihan untuk menggapai prestasi maksimal. Semoga dapat menularkan tradisi juara ini kepada seluruh peserta didik SMKN H Moenadi Ungaran.” Beliau juga berpesan, jangan lupa untuk tetap bersyukur atas apa yang telah dicapai.

 

Kesiswaan Bina Prestasi

KELUAR