Tips dan Trik Agar Siswa Tidak Bosan Melakukan Belajar Online

Masa pandemi kali ini mengharuskan semua hal dilakukan secara jarak jauh untuk menghindari penyebaran virus agar tidak meluas. Namun tidak semua hal yang dilakukan secara jarak jauh berjalan dengan efektif. Hal ini juga berdampak bagi sektor pendidikan khususnya para guru dan murid. Para murid yang biasanya bertemu dengan teman-temannya di kelas kini pun harus menahan diri untuk keluar rumah. Selain itu, murid-murid ini juga merasa bosan jika hanya ‘memandangi’ gadget-nya setiap hari untuk belajar online. Maka diperlukan tips agar siswa tidak bosan melakukan belajar online

Di sisi lain, para guru rupanya juga harus menghadapi situasi baru di mana mereka harus mengajar jarak jauh. Ya, secara online. Beragam upaya telah dilakukan para guru untuk menyampaikan ilmunya kepada para siswa. Lalu, kira-kira bagaimana caranya mengatasi kebosanan yang dirasakan para siswa saat belajar online dan meningkatkan efektivitas metode pembelajaran yang diberikan para guru? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan untuk mengatasinya.

 

Mengapa Murid Bosan Belajar Online?

Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) memang terpaksa dilakukan karena terjadinya pandemi virus COVID-19 yang tak kunjung membaik. Tentu para murid dan guru harus mampu cepat beradaptasi dengan sistem yang baru ini. Karena PJJ adalah sistem yang baru, memang harus diakui sistem ini tidaklah buruk. Tetapi karena sistem ini tercipta karena dampak dari sebuah musibah (pandemi), bukan dari rencana terobosan baru dalam metode pembelajaran. Banyak sekali para murid yang merasa bosan karena mereka melihat setiap materi yang disampaikan secara daring, belum lagi dengan beban tugas-tugas yang mereka dapatkan hampir setiap hari. Mereka merasa waktu hanya terbuang pada belajar dan belajar. Dengan menjalankan sistem PJJ yang diharapkan menghasilkan dampak positif, justru bisa berdampak negatif karena keluhan-keluhan ini. Tidak bermaksud menyalahkan para guru, karena guru juga berjasa dalam mengupayakan seluruh tenaganya demi mencerdaskan muridnya. Kembali lagi bahwa PJJ adalah sistem yang baru, mungkin masih butuh banyak evaluasi dalam pelaksanaannya.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan para murid bosan belajar online adalah fasilitas yang dimiliki kurang memadai. Tidak semua murid berasal dari keluarga yang mampu. Dengan adanya sistem belajae online ini, mereka yang belum memiliki fasilitas seperti koneksi internet maupun perangkat mobile juga akan kesusahan dalam mengikuti proses belajar online. Ini juga terjadi kepada murid yang jauh dari pusat kota, meskipun mereka sebagian memiliki fasilitas perangkat mobile, namun akan tetap kesulitan mendapakan koneksi internet yang lancar. Sehingga mereka harus berusaha lebih agar dapat mengikuti belajar online.

 

Kondisi ini memang sangat sulit untuk sektor pendidikan, pemerintah dihadapkan pada dua pilihan sulit, tetap memaksakan pembelajaran tatap muka seperti biasa dengan risiko penyebaran COVID-19 yang semakin meluas, atau dengan menerapkan sistem PJJ namun dalam pelaksanaannya banyak yang mengeluhkan karena tidak seefektif seperti belajar tatap muka secara langsung. Masalah lain yang menimbulkan rasa bosan adalah tidak adanya bimbingan dari orang tua. Ini berlaku bagi mereka yang jauh dari orang tua, sehingga mereka merasa kurang mendapatkan support dan bimbingan. Dan bagaimanapun para siswa juga membutuhkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman maupun orang terdekatnya, jangan sampai dengan berjalannya sistem PJJ ini justru merenggut waktu mereka untuk “beristirahat sejenak” dari proses belajar.

 

Tips & Trik Agar Siswa Tidak Bosan Saat Belajar Online

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, ada enam kiat untuk belajar online agar sukses.

  1. Para guru dan murid harus menghindari stres dan usahakan selalu merasa gembira. Pastikan sudah mengetahui cara menggunakan teknologi yang dipakai untuk sarana belajar online.
  2. Bentuklah kelompok belajar yang lebih kecil untuk mengantisipasi ketika terjadi diskusi maupun kerja kelompok agar lebih efektif dalam pelaksanaannya.
  3. Ketika para murid mengerjakan tugas kelompok, Anda sebagai guru bisa membuat tantangan maupun lomba kepada murid agar mereka terpacu untuk lebih semangat.
  4. Untuk para murid yang masih tertinggal, berilah waktu agar mereka dapat memahaminya terlebih dahulu. Dan pastikan Anda sebagai guru juga dapat mengetahui apakah murid-murid Anda sudah paham atau belum.
  5. Kuatkan dan fokus terhadap subjek pelajaran yang bisa membantu para murid untuk berhasil di berbagai pelajaran, misalnya bahasa dan sains.
  6. Lakukan ATM (amati, tiru, modifikasi) pada metide pengajaran yang dilakukan oleh guru lain, semakin Anda memiliki banyak referensi mengajar, Anda semakin bisa ‘meramu’ metode pengajaran yang efektif.

 

setelah membaca artikel tips agar siswa tidak bosan belajar online, Anda bisa menerapkannya untuk meningkatkan semangat belajar murid Anda. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan sukes, maka perlu dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru dan murid dalam menghadapi pembelajaran online, semoga ke depannya para guru semakin berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada murid. Tak lupa juga kepada para murid, semoga mereka selalu berusaha untuk menghindari rasa stres akibat sistem yang baru ini. Yang terpenting, semoga pandemi virus COVID-19 segera berakhir dan dapat melaksanakan kegiatan secara normal kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *