Selasa, 04 Okt 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Sukses ANBK 2021

Ungaran- SMK Negeri H. Moenadi mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 20 – 21 September  2021 di tiga laboratorium komputer SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. ANBK 2021 ini wajib diikuti oleh semua satuan pendidikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan. Asesmen Nasional ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan bagi tiap satuan pendidikan.

Peserta didik SMK Negeri H. Moenadi Ungaran yang mengikuti ANBK 2021 ini sebanyak 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Peserta ANBK merupakan peserta sampling dari kelas IX yang dipilih langsung dari Kementrian Pendidikan. Peserta mengikuti ANBK dari pukul 07.30 -10.00 WIB.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari pertama, peserta diukur hasil belajar kognitif dalam Literasi Membaca, dan survei karakter sedangkan hari kedua peserta mengerjakan soal- soal Numerasi dan survei Lingkungan Belajar. Keseluruhan instrumen ini kelak akan bisa menggambarkan kondisi mutu pendidikan sekolah.

Wahyu Febrianto peserta didik kelas XI Multimedia, peserta utama ANBK menyatakan pendapatnya terhadap soal-soal yang telah dia kerjakan hari ini “Soal soal di ANBK ini lebih mudah dipahami karena kami sudah mengikuti Latihan dan gladi bersih”. Peserta lain yakni Ariel Agung Sukma juga mengungkapkan bahwa  dalam pengerjakan ANBK tidak ada kendala dan lancar.

Selain peserta didik, ANBK ini juga diikuti oleh pendidik dan kepala Satuan Pendidikan. Asesmen tersebut dilaksanaakan pada hari Senin, 20 September 2021 pukul 10.00 WIB. Pendidik dan Kepala SMK Negeri H. Moenadi mengerjakan survey lingkungan. Salah satu pendidik yaitu Bapak Teguh Santoso menyatakan bahwa survey lingkungan tersebut memuat kompetensi guru, nasionalisme dan toleransi agama. Ibu Indah Linawati selaku Waka Kurikulum menyatakan “pengerjaan assessment ini harus benar-benar dibaca dengan teliti karena soal berupa pertanyaan yang jawabannya berupa pernyataan yang berkaitan dengan apa yang ada di sekolah kita dan sesuai denga napa yang sudah dikerjakan”.

Kegiatan ANBK di SMK Negeri H. Moenadi Ungaran, sampai hari terakhir berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah kegitan ANBK telah terselenggara dengan baik, aman dan lancer. Semoga hasil yang diperoleh juga baik.”, ungkap Ketua Panitia ANBK 2021 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Dengan demikian, diharapkan SMKN H. Moenadi akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

-Tim ANBK 2021 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran-

KELUAR