Minggu, 26 Sep 2021
  • SMKN H Moenadi akan melaksanakan ANBK pada tanggal 20 dan 21 September 2021. Mohon doa dan dukungan ## SMKN H Moenadi merebut Juara 2 Cabang Voli Putra dalam POPDA

SMKN H Moenadi Kembangkan Hidroponik Melon

SMKN H. Moenadi Ungaran menanam melon secara hidroponik kerja sama dengan PT. Kebun Bumi Lestari, atau lebih dikenal dengan the Farmhill. Penanaman dilakukan di dalam greenhouse yang merupakan bantuan dari PT Kebun Bumi Lestari.

Budidaya melon secara hidroponik ini merupakan bagian dari kerja sama SMKN H. Moenadi dengan PT Kebun Lestari. Di mana SMKN H. Moenadi selaku lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab dalam menyediakan tenaga-tenaga terampil sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Budidaya melon secara hidroponik ini dilakukan selaras dengan sistem budidaya yang dilakukan di PT Kebun Bumi Lestari (The Farmhill). Penyelarasan dilakukan dengan tujuan agar laju perkembangan dan teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan dapat langsung diaplikasikan oleh pihak sekolah melalui proses pembelajaran.

Perbaikan dan updating sarana prasarana meliputi bangunan greenhouse, ground net, dan fasilitas irigasi tetes. Sistem kerja meliputi SOP penanganan benih, SOP penanganan hama penyakit, SOP pemeliharaan dan sebagainya. Aspek teknis budidaya meliputi pemberian nutrisi (dosis dan waktu pemberian), dan budaya kerja. Dengan kerjasama ini diharapkan peserta didik tidak perlu belajar banyak ketika lulus dan memasuki dunia kerja di bidang hidroponik melon.

Melon yang dibudidayakan merupakan melon dengan nilai ekonomis tinggi yaitu jenis golden melon. Jenis golden melon yang dibudidayakan adalah produk Akane Produksi PT Benih Pangan Nusantara Jakarta dan Merlion produksi dari PT Benih Pertiwi Kediri.

Proses budidaya melon ini melibatkan kelas XII, XI dan X, dengan tujuan agar terjadi proses interaksi pembelajaran secara tutor sebaya, sehingga peserta didik akan lebih mudah dalam menyerap pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar perusahaan PT Kebun Bumi Lestari.

Penulis : Taat Sutarso, guru SMKN H Moenadi Ungaran

KELUAR