Jumat, 03 Des 2021
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Sinkronisasi Kurikulum SMKN H Moenadi dengan Industri

Kamis, 4 Nopember 2021 dilaksanakan sinkronisasi kurikulum antara SMK Negeri H. Moenadi Ungaran dengan PT INDMIRA Yogyakarta. SMK Negeri H. Moenadi Ungaran adalah SMK Negeri di Ungaran yang memiliki salah satu Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultuta, berkomitmen menyiapkan tenaga menengah pertanian yang terampil dan berdaya saing di era global.

Komitmen yang dimiliki SMK Negeri H. Moenadi Ungaran berusaha meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap peserta didik, salah satunya adalah melaksanakan singkronisasi kurikulum dengan IDUKA yang sesuai dengan Kompetensi Keahlian. Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan meningkatkan relevansi pencapaian kompetensi-kompetensi oleh siswa di sekolah dengan kompetensi-kompetensi yang diperlukan di IDUKA.

SMKN H. Moenadi bekerjasama dengan IDUKA salah satunya adalah PT INDMIRA Yogyakarta yaitu perusahaan riset dan pengembangan teknologi di bidang agri-complex. Beberapa bidang yang ditangani adalah budidaya vertikultur, hortikultura, hidroponik dan akuaponik, dan lain-lain, dengan penelitian berkelanjutan tentang pengelolaan tanaman dan rekayasa teknologi seperti penanaman padi dalam pot, budidaya ikan menggunakan Re-circulating Aquaculture System (RAS), selain itu bermitra dengan banyak komunitas seperti Agradaya, Letusee, dan peternakan dan perusahaan lain yang terkonsentrasi di berbagai bidang pertanian untuk membangun jaringan pemberdayaan masyarakat.

Sinkronisasi kurikulum antara SMK Negeri H. Moenadi dengan PT INDMIRA Yogyakarta dilaksanakan di PT INDMIRA dengan alamat Jalan Kaliurang KM 16,3 Sleman Yogyakarta dan dihariri oleh 3 orang dari PT INDMIRA dan 12 Orang dari SMKN H. Moenadi Ungaran.

Fokus pada Sinkronisasi Kurikulum ini adalah menyelaraskan Kompetensi Dasar mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran, dalam hal ini PT INDMIRA memberikan masukan pada Kompetensi dasar 3.14 Menganalisis pasar tanaman sayuran dengan menambahkan Indikator kompetensi yaitu menjelaskan skema strategi pemasaran B to B dan B to C, Branding Produk dan Karakteristik pasar dalam segment pasar B to B dan B to C.

Sinkronisasi kurikulum antara SMKN H. Moenadi dengan PT Indmira diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan surat pernyataan sebagai bukti telah disinkronkan kurikulum SMKN H. Moenadi pada mata Pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran pada Kompetensi Menganalisis Pasar Tanaman Sayuran. Sehingga diharapkan Tersusunnya Kurikulum SMKN H. Moenadi yang sudah sesuai dengan kebutuhan Dunia Kerja.

Sebagai dunia usaha / dunia industry / dunia kerja (PT INDMIRA) sebagai pengguna lulusan atau institusi pasangan dengan meningkat relevansi kompetensi siswa di sekolah dengan kompetensi yang di perlukan di dunia kerja, menghasilkan lulusan yang link and match (memiliki keterkaitan dan kesepadanan) dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan kerja.

Penulis : Indah Linawati, Guru SMKN H Moenadi Ungaran.

KELUAR