Sabtu, 23 Okt 2021
  • SMKN H Moenadi mengucapkan Selamat atas keberhasilannya merebut Piala Thomas ## SMKN H Moenadi akan melaksanakan vaksinasi kedua besok Selasa, 19 Oktober 2021

Perkuat Pembangunan Sekolah, SMKN H Moenadi Laksanakan Musrenbang

Pembangunan sekolah akan berhasil dengan baik jika semua warga sekolah terlibat di dalamnya. Keterlibatan warga sekolah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Guna menyusun perencanaan pembangunan sekolah tahun 2022, SMKN H Moenadi Ungaran mengadakan Musrenbang.

Apa Itu Musrenbang Sekolah? Musrenbang adalah kependekan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Ini adalah forum musyawarah tahunan warga sekolah untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.

Dengan adanya Musrenbang diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan sekolah, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan baik dari dalam maupun luar sekolah.

Mengapa Musrenbang penting ? Musrenbang sekolah merupakan salah satu wadah dalam menyusun program sekolah di semua bidang. Selain itu Musrenbang dilaksanakan untuk menyusun rencana anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya.

Jumat, 08 Oktober 2021 SMKN H Moenadi mengawali pelaksanaan Musrenbang dengan penjelasan organik manajemen seperti Planning, Oganizing, Actuating dan Controlling. Dengan dipimpin Pelaksana Tugas Kepala Sekolah, Bapak Ardan Sirodjuddin, semua warga sekolah belajar membuat analisis SWOT, goal, plan, dan program.

Selanjutnya usulan dari warga sekolah di input secara digital sampai Bulan Nopember 2021. Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) akan memetakan kebutuhan yang terinput dari warga sekolah menjadi program kegiatan. Perencanaan program kegiatan ini dilaksanakan di Bulan Desember 2021. Selanjutnya program yang tersusun dengan arahan bendahara sekolah disesuaikan dengan anggaran. Hasil dari Musrenbang ini adalah Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMKN H Moenadi tahun anggaran 2022.

Menurut Fariz Sigit Kurniadi, S.Pd, , “Musrenbang menurut saya bagusĀ  dan itu sebagai langkah untuk perbaikan atau peningkatan sekolah secara menyeluruh. Jika sudah ada, perlu pembaharuan atau pemutakhiran agar fleksibel dengan perkembangan zaman. Jika sudah usang atau lama, perlu penyusunan hingga yang lebih ekstrem perubahan jika tidak bisa dibenahi”, Ujar Guru Bahasa Indonesia SMKN H Moenadi Ungaran.

Pendapat senada diungkapkan Ida Adiawati. “Karena dengan adanya Musrenbang harapannya seluruh kegiatan di sekolah baik fisik maupun non fisik lebih bisa terencana secara jelas dan lebih matang”.

Penulis : Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah

KELUAR