Jumat, 27 Mei 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Perkuat Kerjasama dengan IDUKA, SMKN H Moenadi Laksanakan Tracer Study

Penelusuran alumni (tracer study) merupakan pelacakan jejak alumni yang telah bekerja, berwirausaha ataupun yang melanjutkan sekolah. Adanya rekam jejak ini diharapkan sekolah mempunyai data-data lulusan SMK Negeri H. Moenadi terutama selama 5 tahun terakhir.

Adanya umpan balik dari perusahaan utamanya bagi siswa yang bekerja merupakan bagian dari upaya sekolah menerima masukan dan saran dari pihak lain. Masukan dan saran dari perusahan akan dijadikan elemen yang penting dalam menghasilkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan dan kriteria sumber daya manusia yang diingikan perusahaan.

Dalam rangka tracer study tersebut SMK Negeri H. Moenadi mengunjungi ke PT Tunas Agro Persada di wilayah Sayung Demak pada hari Kamis, 23 September 2021. PT Tunas Agro Persada sendiri merupakan salah satu perusahaan besar di bidang pertanian terutama dalam penyediaan benih-benih hortikultura seperti cabe, tomat, timun, melon dan sebagainya.

Terdapat ada 4 alumni SMK N H Moenadi dari total karyawan sebanyak 5 yang bekerja sebagai tenaga laboratorium benih. Kemudian ada 3 alumni yang bekerja sebagai mandor di bagian riset dan produksi benih di lapangan. Pada kegetian tersebut, dari pihak sekolah secara tertulis menyampaikan angket kepada pihak perusahaan dan kepada alumni sebagai salah satu cara berkomunikasi secara tertulis.

Sekolah juga melakukan wawacara kepada pihak perusahaan guna menggali masukan dan saran yang diperlukan dalam pengembangan kualitas lulusan SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Diskusi berjalan menarik manakala membahas prospek pengembangan sumber daya manusia untuk perusahaan.

Dari PT Tunas Agro Persada menyampaikan terima kasih atas kinerja lulusan SMK Negeri H. Moenadi, yang sesuai dengan ekpetasi perusahaan, dan akan terus melakukan komunikasi secara rutin berkenaan dengan perekrutan tenaga kerja lapangan ataupun tenaga kerja laboratorium jika diperlukan.

Selain di PT Tunas Agro Persada, penelusuran dilanjutkan ke Kebun Benih Katonsari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di kota Demak, dimana terdapat dua alumni yang bekerja sebagai Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT).

Penulis : Taat Sutarso, Guru SMKN H Menjadi Ungaran

KELUAR