Rabu, 17 Agu 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

PELAKSANAAN IHT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SMK NEGERI H MOENADI UNGARAN

Ungaran- 8 Juli 2022, dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2022/2023 SMKN H. Moenadi Ungaran melakukan kegiatan IHT yang dilaksanakan secara luring selama 5 hari mulai tanggal 4 Juli 2022 sampai 8 Juli 2022. Kegiatan IHT dibuka oleh Bapak Sunarto, S,Pd., M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Wilayah I. Pembukaan dilaksanakan pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh Kepaka SMKN H. Moenadi Ungaran Ibu Imro’atul Azizah, S.Pd., M.Si. Pengawas Sekolah Bapak Subagiyo Santosa, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd., dan seluruh dewan guru SMKN H. Moenadi Ungaran.

Dalam kegiatan IHT ini SMKN H. Moenadi Ungaran turut mengundang instansi sekolah dari luar meliputi SMK Miftahul Ulum Ungaran dan SMK Sewakul Farming Ungaran sebagai peserta dari IHT Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pada pelaksanaan IHT hari pertama materi yang disampaikan  yaitu penguatan prinsip-prinsip pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Mustajab, S.Pd. Peserta IHT diberi penjelasan oleh Bapak Mustajab, S.Pd mengenai penguatan prinsip-prinsip pembelajaran dan regulasi pada kurikulum merdeka belajar.

Pada hari kedua, diisi oleh tiga pemateri yaitu Bapak Agus Ikhwanto, S.P., M.Pd., Ibu Ngesti Sukmawati, M.P., dan Bapak Yustinus Andang Kusworo, S.Pd. yang menyampaikan materi mengenai Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Assesment atau penilaian. Pada kegiatan ini, peserta IHT diberi kesempatan untuk menyusun CP dan ATP serta menentukan assesment sesuai dengan mapel yang diampu oleh masing-masing guru.

Pelaksanaan IHT hari ke tiga diisi oleh Ibu Indah Linawati, M.Pd yang menyampaikan materi tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pada pertemuan ini peserta IHT dan Ibu Indah Linawati, M.Pd berdiskusi tentang tema utama P5 yang sesuai denga SMKN H. Moenadi Ungaran. Sehingga menghasilkan keputusan penentuan tema P5 yang sesuai yaitu kebekerjaan, gaya hidup berkelanjutan, dan bhineka tunggal ika.

Pada hari ke empat, materi yang disampaikan yaitu mengenai penyusunan modul ajar yang dibimbing langsung oleh Ibu Arum Wardani, S.Pd selaku WAKA Kurikulum SMK Negeri 1 Pringapus Kab. Semarang. Pada kegiatan ini peserta IHT diberi kesempatan untuk menyusun modul ajar yang baik dan benar sesuai dengan form yang tersedia. Pada Penyusunan modul ajar, peserta IHT didampingi oleh Ibu Okti Partiana, S.Pd. dan Bapak M. Taufiq Fahrurozi, S.TP.

Kegiatan IHT hari terakhir diisi oleh Bapak Subagiyo Santosa, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd., selaku pengawas sekolah. Bapak Subagiyo Santosa, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd mengisi tentang Kurikulum Operasional Sekolah (KOS).

Bapak Pono salah satu guru mapel produktif dari SMK Miftahul Ulum Ungaran sangat terkesan dengan pelayanan dari SMKN H. Moenadi Ungaran dan sangat berterimakasih karena sudah memfasilitasi SMK Miftahul Ulum Ungaran untuk menimba ilmu mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2022/2023.

Pada setiap penyampaian materi oleh narasumber, peserta IHT menyambut dengan antusias mengenai trobosan baru pada kurikulum merdeka belajar. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan, dan saran yang disampaikan kepada narasumber serta semangat dalam menyelesaikan pembuatan modul ajar. Kegiatan IHT ditutup oleh Bapak Subagiyo Santosa, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd. selaku pengawas SMKN H. Moenadi Ungaran.

 

Penulis            : Humas SMK Negeri H. Moenadi Ungaran

 

KELUAR