Metode Pembelajaran yang Cocok Digunakan Ketika Mengajar Daring

Di masa pandemi seperti ini menuntut para guru harus dapat memberikan pembelajaran dengan berbagai metode yang inovatif agar kondusifitas kelas tetap terjaga. Apalagi setelah ada iumbauan dari Kementrian Pendidikan yang mengharuskan mengubah sistem pembelajaran menjadi jarak jauh (PJJ). Namun, sistem PJJ sangat jauh berbeda pelaksanaanya, metode pembelajaran pun harus diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Mengingat para murid yang mengeluhkan rasa bosan mengikuti pembelajaran online. Sebagai guru, Anda tak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa metode pembelajaran mengajar daring yang bisa Anda implementasikan. Lalu apa saja metode yang cocok digunakan untuk mengajar daring? Silakan baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Metode Pembelajaran Mengajar daring Yang Cocok Digunakan Guru :

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kab. OKU, H. Teddy Meilwansyah, S.STP., MM. Ada beberapa metode yang dapat dipakai guru untuk mengajar daring, yaitu :

 

Project Based Learning

Metode ini diprakarsai oleh hasil dari implikasi Surat Edaran MENDIKBUD no.4 tahun 2020. Project Based Learning memungkinkan dapat melatih para murid untuk saling berkolaborasi, gotongroyong terhadap sesama. Metode ini akan efektif dengan membentuk kelompok kecilĀ  saat mengerjakan sebuah project, eksperimen, dan inovasi. Namun, metode ini hanya dianjurkan untuk para murid yang berlokasi di zona kuning dan hijau. Jangan melupakan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Daring Method

Sesuai namanya, metode ini dijalankan secara full daring. Dengan memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki, guru dapat membuat bahan ajar dalam bentuk konten interaktif misalnya dengan video, atau yang lainnya. Metode daring method sangat cocok dan memungkinkan untuk dipakai ketika sedang berada di zona merah. Guru dan murid pun tidak perlu saling bertatap muka secara langsung dan menimbulkan kerumunan.

 

Luring Method

Metode ini diterapkan hanya untuk yang tinggal di zona kuning dan hijau. Dalam penerapannya, guru akan memngajar secara langsung. Namun, harus menggunakan sistem bergilir (shift) untuk menghindari kerumunan. Mengapa metode ini juga disarankan? Karena untuk mempermudah penyampaian kurikulum agar tidak kesulitan untuk dipahami. Hal ini tentu akan sangat membantu untuk mereka (para murid) yang merasa susah memahami pelajaran saat PJJ. Tetap kondisikan protokol kesehatan saat melaksanakan metode ini.

 

Home Visit Method

Metode home visit adalah metode yang serupa dengan home schooling di mana para guru mendatangi rumah murid untuk memberikan pembelajaran. Dengan mengajar secara langsung, materi akan tersampaikan dengan baik.

 

Integrated Curriculum

Metode integrated curriculum akan lebih sesuai apabila mengacu pada project base, di mana setiap kelas akan diberikan project yang sesuai dengan mata pelajaran. Namun, project yang diberikan tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, tetapi project yang melibatkan semua mata pelajaran. Dengan demikian, para murid dapat bekerjasama dalam menyelesaikan project. Para guru pun juga dapat berkolaborasi antarmata pelajaran. Selain itu, metode ini juga sangat aman diterapkanĀ  kepada siswa di mana saja karena menggunakan sistem daring.

 

Blended Learning

Metode ini adalah hasil dari penggabungan dari sistem daring dengan tatap mukda virtual. Jadi dengan menerapkan metode ini, para siswa dan murid tetap dapat saling berinteraksi .

 

Metode Pembelajaran Interaktif

Untuk mengurangi rasa bosan para murid saat PJJ, Anda sebagai guru bisa menggunakan metode alternatif yaitu Metode Pembelajaran Interaktif. Ini dapat dipakai sebagai alat untuk menyampaikan pesan (materi) dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Anda bisa menyampaikan materi dengan terobosan baru, dalam bentuk game, powerpoint, video, media manipulatif, dan sebagainya. Keunggulan media interaktif adalah meingkatkan level pembelajaran dan membuat waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien. Selain itu, menggunakan metode ini juga dapat menambah motivasi belajar para murid di tengah pandemi seperti ini.

 

Untuk mencari metode yang sesuai dengan kebutuhan mengajar daring Anda, cobalah untuk menggunakan beberapa metode pembelajaran mengajar daring di atas, dengan demikian, Anda dapat menyimpulkan sendiri mana yang cocok untuk digunakan mengajar daring. Semua metode di atas tidak dapat diaplikasikan pada semua murid-murid, misalnya saja jika Anda adalah pengajar di sekolah yang berada di zona merah, tidak mungkin Anda menggunakan metode luring. Karena akan sangat berisiko tinggi. Para guru dapat menggunakan metode alternatif ini selama pandemi berlangsung. Semoga saja pandemi COVID-19 segera berakhir dan semua kembali seperti semula.

 

Kunjungi Juga :

https://binaryoptionrobotinfo.com/forums/users/ardatamedia
https://social.technet.microsoft.com/Profile/Ardata%20Media%20-%20Jasa%20Pembuatan%20Website
http://ttlink.com/jordy03
https://ello.co/jordyprayoga
http://www.scifondo.eu/forums/users/ardatamedia/
https://sharecg.com/ardatamedia
https://www.bizcommunity.com/Profile/ArdataMedia
https://bibliocrunch.com/profile/ardata03/
https://social.technet.microsoft.com/profile/jasa%20landing%20page/
https://binaryoptionrobotinfo.com/forums/users/ardatamedia2021
https://hub.docker.com/r/ardata2020/jasa-landing-page
https://pbase.com/ardatamedia/profile
http://ttlink.com/ardatamedia
https://ello.co/ardatamedia
https://worldbeyblade.org/User-Ardata
https://csgrid.org/csg/team_display.php?teamid=821341
https://boinc.tacc.utexas.edu/show_user.php?userid=18093

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *