Minggu, 26 Sep 2021
  • SMKN H Moenadi akan melaksanakan ANBK pada tanggal 20 dan 21 September 2021. Mohon doa dan dukungan ## SMKN H Moenadi merebut Juara 2 Cabang Voli Putra dalam POPDA

Lima Guru SMK Negeri H. Moenadi Ungaran Jadi Penulis Naskah Game Edukasi

Sebanyak 5 (lima) Guru kompetensi keahlian SMK Negeri H. Moenadi  Ungaran Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura mengikuti Script Conference Online Naskah Bahan Ajar Gim Edukasi untuk jenjang vokasi yang dilaksanakan tanggal 13-16 Agustus 2021 secara daring. Kegiatan ini sendiri merupakan lanjutan dari kegiatan penulisan naskah game edukasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMK), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Sricpt conference yang dilaksanakan secara online ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara tim produksi dengan penulis naskah atau pengkaji media dengan acuan berupa Naskah Bahan Ajar Gim Edukasi, AR dan V-Lab. Adapun penyusun naskah game edukasi dari SMK Negeri H. Moenadi yaitu, Ida Adiawati, SP, Agus Ikwanto,SP, M.Pd., Nyevi Budiastuti, SP, Taat Sutarso, S.T.P dan M. Taufiq Fahrurozi, S.T.P. Kelima guru tersebut telah menyusun naskah game yang telah disahkan  oleh editor dan pengkaji media dari yang berasal dan dari BPMK dan Dosen Perguruan Tinggi. Tema game edukasi yang disusun adalah Budidaya Tanaman Sayuran.

Banyak hal baru yang didapatkan baik dari pihak penulis naskah, pengkaji media maupun developer. Penyesuaian dan perubahan didiskusikan dalam rangka menyamakan persepsi antara naskah game dan ouput game yang diproduksi, tanpa mengurangi esensi pokok dan tujuan pembuatan game yaitu bermain dan belajar. “Saya seperti memasuki dunia baru, dan ternyata membuat game itu butuh koordinasi dan penyamaan persepsi yang luar biasa dari berbagai unsur yang terlibat,” ujar Ida Adiawati yang merupakan salah satu penulis naskah game “Penjahat Budidaya Tanaman Sayur”. Sementara itu Nyevi Budiastuti berharap, game yang dihasiilkan nanti akan semakin meningkatkan minta belajar peserta didik untuk mendalami dunia pertanian. Selain itu dari pihak developer pun merasa sangat antusias dengan aktivitas pertanian yang dikemas dalam game edukasi. Pembuatan game edukasi ini direncanakan selesai pada bulan September, dan nantinya terus dilakukan perbaikan secara simultan.

Penulis : Taat Sutarso, S.T.P

KELUAR