Senin, 27 Jun 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

KUNJUNGAN TIM ADIWIYATA SMA NEGERI 8 SEMARANG

Ungaran- Selasa, 21 Juni 2022 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran kedatangan tamu dari SMA Negeri 8 Semarang untuk melakukan study banding mengenai program adiwiyata. Selain sharing program adiwiyata SMA Negeri 8 Semarang juga ingin melihat lebih jelas tentang pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan limbah serta hal-hal lain yang berkaitan dengan adiwiyata di SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Kedatangan tim adiwiyata dari SMA Negeri 8 Semarang disambut hangat oleh seluruh guru karyawan serta beberapa peserta didik SMK Negeri H. Moenadi Ungaran.

Ibu Imro’atul Azizah S.Pd., M.Si selaku Kepala Sekolah SMK Negeri H. Moenadi Ungaran malakukan pemaparan tentang program adiwiyata terutama dalam mengurangi limbah plastik, pemanfaatan sampah organik untuk dijadikan pupuk organik cair atau POC serta meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam  penggunaan tempat air minum yang sudah dibagikan dari sekolah kepada peserta didik sehingga mengurangi konsumsi plastik yang ada di kantin.

Setelah pemaparan oleh Ibu Imro’atul Azizah S.Pd., M.Si tim adiwiyata dari SMA Negeri 8 Semarang diberi kesempatan untuk berkeliling melihat langsung bagaimana pengolahan sampah, dan melihat langsung green house tanaman melon, dan penggunaan instalasi pembuatan POC  yang didemonstrasikan sehingga tim adiwiyata dari SMA Negeri 8 Semarang lebih mengerti dan paham.

Selanjutnya dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab. Proses diskusi dan tanya jawab berlangsung dengan hikmat ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh tim adiwiyata dari SMA Negeri 8 Semarang. Pertanyaan yang diajukan meliputi pembuatan POC yang sudah di demonstrasikan, program-program pengurangan sampah plastik, dan program-program administrasi yang berkaitan dengan adiwiyata.

Kegiatan sharing adiwiyata ditutup dengan penandatanganan MOU kerjasama antara kedua sekolah dibidang adiwiyata. Dilanjutkan dengan tukar cindera mata. Pada kesempatan ini SMK Negeri H. Moenadi Ungaran memberikan bibit tanaman sawo sebagai simbolis bahwa masih diperlukannya proses penanaman tanaman-tanaman keras untuk penghijauan di sekitar lingkungan sekolah.

Bapak Muhammad Jauhari salah satu guru Bahasa Inggris dari SMA Negeri 8 Semarang sangat terkesan dengan penanganan lingkungan di SMK Negeri H. Moenadi Ungaran terutama di pemanfaatan lahan-lahan kecil yang bisa dimanfaatkan menjadi lahan tanaman yang hijau.

 

Penulis : Humas SMK Negeri H. Moenadi Ungaran

KELUAR