Rabu, 17 Agu 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

KOMPETISI LITERASI & NUMERASI TAHUN 2022

Berawal dari babak penyisihan tanggal 9 April 2022, di bidang Matematika ada Catherine Natalia Rositasari, Ting; kelas X- APHP dan Muhammad Ikhwan Maulana kelas X- ATPH 4.  Di bidang Bahasa Indonesia ada Lira Setia Nugrahani kelas X-MM dan Sheila Putri Kartyagustiani kelas X-MM, sedangkan dari bidang Bahasa Inggris ada Fanisa Nurlita Fardalika kelas X-ATPH 2, Virdiani Chelsea Risnanda kelas X-ATPH 1, Vety Ayu Mutiara kelas X-ATPH 3, dan Gema Tegar Bay Algebra kelas X- APHP wakil dari SMK H. Moenadi Ungaran berjuang menyisihkan peserta sebanyak 1.632 siswa, sayangnya Ikhwan dan kawan-kawan harus berhenti di babak penyisihan, sementara Catherine Natalia Rositasari, Ting lanjut ke babak Semifinal.  Babak semifinal dilaksanakan hari Senin tanggal 18 April 2022 dengan menyisihkan 169 peserta dapat dilalui dengan baik oleh Catherine, dengan pendampingan dari guru Matematika, Ibu Wendy Puspitasari, S.Si.

Hari Senin, tanggal 23 Mei 2022 telah berlangsung final lomba Literasi Numerasi mata pelajaran Matematika tingkat SMK kelas X dengan peserta sebanyak 18 dari berbagai SMK di Indonesia. Untuk SMK Negeri H. Moenadi Ungaran diwakili oleh Catherine Natalia Rositasari, Ting; kelas X- APHP.

Jumat, tanggal 8 Juli 2022 pengumuman hasil Kompetisi Literasi Numerasi Tingkat Nasional Tahun 2022, dan juara 1 bidang matematika diraih oleh  Catherine Natalia Rositasari, Ting dari SMK Negeri H. Moenadi Ungaran.

Kompetisi ini sepenuhnya diselenggarakan dalam bentuk daring (online) berbasis Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan platform PesonaEdu A-Class. Soal yang diuji dalam kompetisi ini adalah penguasaan literasi dan numerasi, yang tidak terbatas pada mata pelajaran tertentu, sedangkan jenis soal tersebut mengacu kepada standar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang bersifat HOTS (High Order Thinking Skill)

Soal yang digunakan dalam kompetisi ditulis secara khusus oleh tim penulis dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan MGMP SMP, SMA, dan SMK DKI Jakarta.  Validasi soal dan penjurian dilakukan oleh para dosen dan pakar pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Harapan kedepannya semoga ada “Catherine-Catherine” yang lain yang dapat mengharumkan nama baik sekolah kita.

 

Penulis: Wendy Puspitasari, S.Si. Guru Matematika SMK Negeri H. Moenadi Ungaran

 

KELUAR