Jumat, 03 Des 2021
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Kementan Bantu Drone SMKN H Moenadi Ungaran

Kementerian Pertanian melalui Polbangtan Yogyakarta Magelang melakukan kunjungan ke SMK Negeri H Moenadi Ungaran pada tanggal 17 November 2021. Kunjungan ini bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi Bantuan Alat Praktek SMK 2021. Rombongan terdiri dari Ir. Endra Prasetya, Ir. Sunarsih, Drh. Widya Nirina Kusuma MP dan beberapa pemonev lainnya melakukan monitoring bantuan alat praktek berupa Drone Dji Phantom seri 4.v 20.

Bantuan drone iniĀ  selain untuk mendukung proses pembelajaran praktek pertanian juga sebagai upaya dari SMKN H Moenadi Ungaran meningkatkan minat siswa siswi belajar pertanian dengan secara modern. Dengan adanya Drone ini pembelajaran pertanian seperti untuk pemetaan luas lahan menghitung jumlah tanaman melakukan identifikasi penyakit tanaman dapat dilakukan secara digital.

Hal ini tentu saja akan semakin membuat wawasan siswa siswi SMKN H. Moenadi Ungaran bahwa pertanian tidak terbatas hanya pada budidaya tanaman saja tetapi juga akan merambah kepada hal-hal yang lain yang bisa menjadikan suatu pijakan masa depan mereka nantinya setelah lulus. Selama proses monitoring juga dilakukan demo penggunaan drone untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan berupa Drone bisa beroperasi dengan baik. Dari pihak Kementerian Pertanian yang dalam hal ini diwakili oleh Polbangtan Yogyakarta Magelang memberikan banyak masukan dan saran berkaitan dengan bantuan yang telah diberikan salah satunya adalah untuk mengoptimalkan bantuan tersebut untuk digunakan oleh siswa-siswi SMK N H moenadi Ungaran sehingga nantinya bisa melahirkan lulusan-lulusan yang kompeten di bidang digital farming.

Penulis : Taat Sutarso, S.Tp, Guru SMKN H Moenadi Ungaran

KELUAR