Senin, 27 Jun 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Jalin Kemitraan Pendidikan, Unwahas Terjunkan Mahasiswa Untuk PPL di SMKN H Moenadi

Minggu, 19 September 2021 – SMK Negeri H Moenadi sebagai lembaga pendidikan yang ada di Indonesia, menjadi salah satu lembaga pendidikan yang mendukung proses pendidikan di Indonesia. Memberikan kemanfaatan bagi seluruh warga negara, menjadi salah satu tujuan dibentuknya sekolah ini. Salah satu upaya tersebut, terwujud dengan menerima Universitas Wahid Hasyim Semarang memberikan kesempatan mahasiswanya untuk melaksanakan PPL.

Senin, 13 Sepetember 2021 mahasiswa Unwahas diterjunkan oleh Dekan FKIP sekaligus Dosen Pendamping Lapangan untuk berkegiatan PPL di SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Dekan FKIP Unwahas Muhlisin, M.Pd menuturkan, “Program pengalaman lapangan merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Kegiatan PPL mencakup: persiapan PPL, pelaksanaan PPL, dan evaluasi pelaksanaan program. Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk mahasiswa/calon guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk menjadi guru profesional.”

Pada kegiatan penerjunan mahasiswa FKIP Unwahas diterima oleh Plt. Kepala SMK Negeri H Moenadi dengan didampingi oleh Waka Kurikulum. SMK Negeri H Moenadi dengan tangan terbuka menerima empat mahasiswa PJKR untuk menimba ilmu pembelajaran di SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Keempat mahasiswa tersebut yaitu Mahasiswa Peserta PPL Di Sekolah tersebut yaitu Muhammad Nur Khafidhin, Eka Yuliani, Taufiq Hidayat, Novia Wulandari. Dekan juga berharap, mahasiswa tidak hanya mendalami kegiatan pembelajaran tetapi juga menggali pengalaman di luar mengajar. Dekan juga mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesempatan diberikan oleh SMK Negeri H Moenadi Ungaran telah memberikan kesempatan empat mahasiswa Unwahas untuk belajar.

Rangkaian Kegiatan

Selepas diterjukan oleh Dekan FKIP Unwahas, Mahasiswa PPL Unwahas melaksanakan program kerja yaitu melakukan pengenalan senam SBTI (Senam Bhineka Tunggal Ika) yang dilkasanakan di hari jumat tanggal 17 September 2021 dilapangan volley SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Kegiatan senam ini diikuti oleh para guru dan karyawan, serta mahasiswa PPL UNDARIS. Dengan antusias, seluruh peserta senam mengikuti gerakan senam yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa PPL Unwahas.


Senam SBTI diciptakan oleh Lusiana, M.Pd dosen Unwahas Semarang, SBTI diresmikan pada tanggal 19 Desember 2021 di Alun- Alun Bung Karno Kalirejo Ungaran. Senam ini mengadopsi tarian dari berbagai daerah seperti Aceh, Bali, Sunda, Jawa, Kalimantan. Seperti Namanya Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Eka Yuliani – Mahasiswa PPL Unwahas

KELUAR