Hal Yang Harus Disiapkan Guru & Siswa Sebelum Melaksanakan Belajar Online

Dengan berubahnya sistem pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka secara luring menjadi daring, hal ini memang tak luput dari akibat meluasnya persebaran virus COVID-19. Kini, para guru dan siswa pun hanya bisa saling berjumpa secara virtual. Pada awal pelaksanaanya, sistem pembelajaran jarak jauh memang menimbulkan banyak pro dan kontra di kalangan guru sendiri hingga orang tua siswa.  Para siswa sering sekali merasa bosan dengan pembelajaran jarak jauh karena jarang memiliki kesempatan untuk bertemu dan bermain dengan teman-temannya. Maka dari itu, agar tidak terjadi hal-hal yang menghambat berjalannya sistem belajar online, ada hal-hal yang harus dipersiapkan guru dan siswa sebelum melaksanakan belajar online. Lalu apa saja hal yang harus disiapkan guru dan siswa? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Hal Yang Harus Disiapkan Oleh Guru

Sebagai pengajar, guru memang harus dapat dituntu untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan metode pengajaran agar lebih membuat para siswa lebih antusias dalam belajar, apalagi pada kondisi seemacam ini. Semua pembelajaran harus dilaksanakan secara online, maka guru juga harus dapat beradaptasi secara cepat dalam segala kondisi. Untuk para guru, berikut hal-hal yang sebaiknya Anda persiapkan.

 

  1. Dapat Memanfaatkan Teknologi Sebaik Mungkin

Karena PJJ diharuskan dilakukan secara online, maka para guru harus dapat memanfaatkan teknologi dengan baik sebagi penunjang pembelajaran jarak jauh. Jika dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, maka para guru juga akan lebih mudah dalam memberikan pembelajaran kepada siswa.

  1. Membuat Perencanaan Pembelajaran Online

Dalam pelaksanaan pembelajaran online, sebaiknya guru membuat perencanaan pembelajaran yang efektif dalam waktu yang dimiliki. Guru dapat meyiapkan langkah pembelajaran yang lebih spesifik. Pemilihan materi juga harus dilakukan secara matang agar penyampainnya juga dapat terlaksana secara efektif.

  1. Membuat Para Siswa Tetap Konsentrasi Saat Belajar Online

Memang hal yang satu ini adalah masalah utama dalam pembelajaran tatap muka langsung atau jarak jauh. Tentu dengan PJJ membuat para siswa jauh lebih sulit untuk berkonsentrasi.

  1. Memberikan Nasihat Kepada Para Siswa

Memberikan motivasi dan nasihat sangat baik dilakukan oleh para guru kepada siswanya, selain memberikan pembelajaran. Ini adalah hal baru bagi mereka dan para guru sendiri. Untuk membentuk mental siswa agar kuat menghadapi ini semua, berikan mereka dorongan agar mereka juga memiliki kemaun dan semangat belajar, tanamkan kepada mereka bahwa ini semua pasti berlalu.

  1. Mengajak Orang Tua Untuk Berperan Aktif

Apa saja peran orang tua yang dibutuhkan untuk membantu kelangsungan belajar online? Orang tua diharapkan memiliki peran ganda sebagai guru dan orang tua. Selalu pantau aktivitas anak-anak saat mengikuti belajar online, lalu ketahui kendala apa saja dalam keikutsertaan mereka. Misalnya saja dalam pelaksanaan belajar online, Ajari mereka untuk tidak selalu menatap layar gadget, gunakan teknik 20-20-20. Setiap 20 menit melihat layar gadget, ingatkan mereka untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek berjarak sejauh 20 kaki (6 meter), dengan begitu, mata tidak akan terasa kelelahan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memotivasi mereka untuk selalu semangat belajar. Anda bisa berkonsultasi dengan guru untuk menemukan solusi yang terbaik.

  1. Gunakan Metode Pembelajaran Interaktif

Metode ini akan sangat membantu menyampaikan pesan (materi) dengan lebih efektif karena menggunakan media yang berbeda dari biasanya. Dengan metode pembelajaran interaktif, setidaknya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru dapat menggunakan media seperti game, powerpoint, media manipulatif, video, dan sejenisnya. Media ini juga lebih efektif dalam menarik perhatian siswa, sehingga apa yang disampaikan pun dapat dipahami dengan baik.

  1. Rangkum Materi Ajar

Pembelajaran online tidak bisa efektif jika terlalu lama, tidak seperti pembelajaran tatap muka secara langsung. Tentu ini menjadi sebuah kesulitan terhadap guru yang harus membuat siswanya dapat memahami materi. Untuk itu, solusinya adalah membuat rangkuman tentang mater ajar. Buat materi pelajaran yang ringkas agar lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaannya.

 

Baca Juga : Tips dan Trik Agar Siswa Tidak Bosan Melakukan Belajar Online

 

Hal Yang Harus Disiapkan Oleh Siswa

Untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan belajar online, ada hal-hal yang sebaiknya disiapkan oleh siswa atau juga bisa orang tua siswa.

  1. Siapkan Fasilitas Yang Dibutuhkan

Pelaksanaan belajar online tentunya harus diikuti dengan fasilitas yang memadai agar dapat berjalan dengan baik. Sebagai siswa, siapkan fasilitas yang dibutuhkan seperti smartphone, tablet, atau komputer/laptop.

  1. Sesuaikan Jadwal Belajar Online Dengan Aktivitas Rumah

Agar tidak mengganggu waktu belajar, sebaiknya Siswa bisa mengatur kapan mereka harus belajar online, dan kapan mereka bermain. Jangan sampai waktu main mengganggu waktu belajar online, sehingga tidak dapat memahami materi pembelajaran dengan baik karena perhatian terdistraksi oleh hal lain.

  1. Buatlah Ruang Belajar Yang Nyaman

Untuk menghindari rasa bosan saat belajar online, buat ruang belajar yang senyaman mungkin dengan beragam model yang diinginkan. Misalnya ruang minimalis, atau yang lebih kreatif lainnya. Ruang belajar yang nyaman juga dapat berpengaruh kepada siswa saat belajar online.

  1. Kemauan Yang Kuat

Tanpa ada kemauan yang kuat, belajar online tidak akan berhasil. Mengapa? Karena para siswa tidak memiliki motivasi dan tujuan untuk melaksanakan belajar online. Semuanya dilakukan karena terpaksa. Sebagai siswa, sebaiknya Anda merubah pola pikir seperti ini karena akan merusak generasi bangsa. Jika Anda jenuh, Anda bisa sejenak untuk beristirahat tetapi jangan sampai berlebihan karena Anda akan kehilangan semangat untuk balajar kembali.

 

Dengan persiapan yang matang, mudah-mudahan dalam pelaksanaa belajar online dapat berjalan dengan baik tanpa ada suatu hambatan. Di sini guru dan siswa harus dapat berkomunikasi dengan baik agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas. Selain itu, yang terpenting dalam semua pelaksanaan ini adalah Kemauan. Ya, kemauan lah yang akan membawa kita kepada kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *