Hak dan Kewajiban Siswa Di Sekolah Terlengkap

Hak dan Kewajiban Siswa Di Sekolah

Sebagai seorang siswa, Anda perlu mengetahui kewajiban serta hakmu sebagai siswa di sekolah. Salah satunya adalah belajar, belajar merupakan kewajiban serta hakmu di sekolah. Sekolah bukan hanya tempat untuk belajar pendidikan formal saja, melainkan sebagai salah satu sarana untuk melatih Anda agar mengetahui kewajiban serta hakmu di sekolah. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hak merupakan suatu hal yang dapat dimiliki, sedangkan kewajiban merupakan suatu hal yang harus dilakukan. 

Berikut beberapa hak-hak serta kewajiban yang harus Anda lakukan di sekolah sebagai seorang siswa. Simak penjelasannya. 

Hak Siswa Di Sekolah 

hakmu sebagai siswa di sekolah

Sebagai siswa Anda berhak mendapatkan hal-hal sebagai berikut ini. 

  • Ilmu pengetahuan. 

Hak Anda yang pertama sebagai seorang siswa adalah memperoleh ilmu pengetahuan serta layanan pendidikan. Anda berhak pula menggunakan serta mendapatkan fasilitas pendidikan. 

  • Mengembangkan diri. 

Anda sebagai siswa, berhak mendapatkan serta mengembangkan diri. Artinya Anda berhak mencari, mengembangkan serta menemukan bakat yang Anda miliki. 

  • Teman. 

Sebagai siswa, Anda berhak mendapatkan teman tanpa membedakan satu sama lain. 

  • Perlindungan. 

Mendapatkan perlindungan merupakan salah satu hakmu di sekolah. Anda berhak mendapatkan perlindungan di area sekolah agar proses belajar Anda aman serta nyaman. 

  • Perlakuan sama dari staf pendidik serta guru. 

Anda sebagai siswa berhak mendapatkan perlakuan maupun perhatian yang sama dari guru dan staf pendidik secara adil. 

  • Kesempatan memperoleh beasiswa. 

Anda berhak mendapatkan bantuan atau kesempatan untuk memperoleh beasiswa agar dapat menunjang biaya pendidikan. 

  • Berorganisasi. 

Mengikuti atau berpartisipasi dalam organisasi merupakan hakmu di sekolah. Anda berhak memilih untuk mengikuti maupun berpartisipasi dalam organisasi yang ada di sekolah. 

  • Memberikan saran. 

Sebagai siswa Anda berhak memberikan saran kepada sesama siswa maupun staf pendidik atau guru. Anda berhak menyampaikan pendapat terhadap hal-hal yang ada maupun terjadi di sekolah. 

Itulah kedelapan hakmu di sekolah. Apabila Anda merasa tidak mendapatkan salah satu dari kedelapan hal tersebut, Anda meminta maupun menuntut untuk mendapatkan hakmu di sekolah. Walaupun begitu sampaikanlah dengan cara yang sopan dan tutur yang santun. 

Kewajiban Siswa Di Sekolah 

hakmu sebagai siswa di sekolah

Setelah mengetahui hak-hakmu di sekolah. Anda perlu mengetahui pula kewajiban yang harus Anda lakukan di sekolah. 

  • Menghormati guru serta staf pendidik. 

Anda wajib menghormati guru serta staf pendidik Anda di sekolah. Berperilaku serta bertutur dengan sopan santun ketika berbicara kepada guru maupun staf pendidikan juga merupakan kewajiban Anda. 

  • Menjaga kebersihan dan ketertiban. 

Sebagai siswa yang mendapatkan fasilitas belajar di sekolah Anda wajib menjaga kebersihan sekolah serta tertib melakukan segala kegiatan yang dilakukan di sekolah. 

  • Menaati peraturan. 

Anda wajib menaati peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah. 

  • Mengerjakan serta mengumpulkan tugas tepat waktu. 

Anda wajib mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru maupun staf pendidik kepada Anda serta mengumpulkan tugas tersebut sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati. 

  • Menolong teman maupun guru dan staf pendidik. 

Sebagai siswa Anda wajib memiliki budi pekerti yang luhur. Oleh karena itu Anda wajib menolong teman, guru maupun staf pendidikan yang membutuhkan pertolongan Anda. 

  • Menjaga sikap. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagai siswa Anda wajib memiliki budi pekerti yang luhur. Oleh karena itu selama proses belajar maupun berada di lingkungan sekolah Anda wajib menjaga sikap Anda. 

Keenam kewajiban tersebut wajib Anda lakukan. Apabila Anda mentaati serta melakukan kewajiban Anda sebagai siswa, maka tentu saja hakmu di sekolah akan terpenuhi. Demi menjaga keamanan serta kenyamanan ketika belajar Anda perlu menaati kewajiban serta mengajak warga sekolah yang lain untuk saling mentaati kewajiban. Maka akan terbentuk lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan damai. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *