Selasa, 04 Okt 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Pramuka, Jembatan Pendidikan Karakter menuju Masyarakat Madani

Pramuka, Jembatan Pendidikan Karakter menuju Masyarakat Madani

Pramuka sebagai organisasi kependidikan  yang menyelenggarakan pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga yang dalam undang-undang pendidikan di sebut ” Pendidikan Non Formal ”. Adapun Filosofi kegiatan pramuka yaitu pembangunan kepribadian yang ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlag mulia, pengendalian diri dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. Sedangkan dari sisi Sosiologis kegiatan Pramuka diartikan bahwa pengembangan potensi diri sebagai hak azazi manusia  harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan Pendidikan antara lain melalui Gerakan Pramuka.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Orang tua berhak mengawasi penyelenggaraan pendidikan kepramukan dan memperoleh informasi tentang perkembangan anaknya dan berkewajiban membimbing, mendukung dan membantu anak dalam mengikuti pendidikan kepramukaan, dan satuan pendidikan sesuai dengan kemampuan.  Sedangkan masyarakat berhak untuk berperan serta dan memberikan dukungan sumber daya dalam kegiatan pendidikan kepramukaan, sehingga diharapkan pelaksanaan kegiatannya dapat terpantau dengan baik.

Tantangan utama yang dihadapi oleh Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal yang turut berperan dalam pendidikan kaum muda Indonesia  adalah  bagaimana  menempatkan  organisasi  dan  kegiatan kepramukaan sebagai kegiatan yang menarik dalam kehidupan kaum muda. Melalui kegiatan Gerakan Pramuka diharapkan karakter dan kepribadian kaum  muda  dapat  dibina  dan  dikembangkan  guna  turut  serta  dalam pembangunan nasional, dalam hal ini Gerakan Pramuka menjadi wadah pembentukan  karakter  dan  kepribadian  kaum  muda.

Setiap anggota Pramuka diharapkan dapat menerapkan dan melaksanakan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka sebagai pedoman hidup bermasyarakat dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan memperluas wawasan dan pengalamannya agar lebih peduli pada kemaslahatan umum dengan berpartisipasi aktif dalam membangun kesadaran masyarakat dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Anggota pramuka diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan yang sehat, andal, tangguh dan terpercaya dalam menjaga kadaulaan negara serta sanggup membangun jiwa dan raganya untuk kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia serta meningkatkan  kasadaran disiplin hidup dalam segala hal. Sehingga dapat terwujud masyarakat madani yaitu masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Penulis : Agus Ikwanto, Guru SMKN H Moenadi Ungaran

KELUAR