Kamis, 27 Jan 2022
  • Terima kasih kepada SMKN 2 Blora yang telah berkunjung ke SMKN H Moenadi Ungaran

Belajar tentang Advertising

Belajar tentang Advertising

Haii…sudah kenal dengan Advertising? Atau sudah pernah mendengarnya? Dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri, Advertising/Periklanan bisa dibilang adalah salah satu komponen yang sering digunakan guna mengembangkan bisnis. Lewat advertising, Dunia Usaha dan Dunia Industri dapat menjangkau pelanggan lebih luas dengan berbagai gaya iklan dan kata-kata persuasif yang dibuat. Akan tetapi, masih ada beberapa orang yang belum memahami arti dari hal tersebut seperti apa. Sebagian mungkin masih meraba-raba dan memahaminya terlalu dalam.

Advertising bisa dijabarkan sebagai sebuah upaya untuk menarik perhatian audience melalui  pesan yang persuasif dalam bentuk gambar, video, maupun kata-kata mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Iklan yang dibuat bersifat kreatif, bertujuan untuk menarik pelanggan baru dengan menetapkan target pasar serta menjangkau mereka dengan kampanye iklan yang efektif. Kita harus dapat memahami bagaimana pandangan dari masyarakat terhadap produk sekaligus nilainya, melalui  penguatan branding atau merek. Sehingga apa saja produk yang akan dikeluarkan bisa disukai oleh konsumen. Salah satu pentingnya menggunakan advertising adalah meningkatkan kesadaran audience/pemisrsa terhadap produk atau layanan yang di tawarkan.

Sebagai contoh yang menjadi tren saat ini adalah di kalangan anak milenial, pemasaran yang dilakukan secara online. Generasi milenial adalah angkatan anak-anak muda yang mungkin pada tahun ini berusia sekitar 21 hingga 38 tahun. Alat atau media yang paling cepat untuk mengenalkan suatu produk adalah melalui internet, para milenial bisa bermain dengan jempol dan telunjuknya dan membeli produk atau layanan jasa yang mereka perlukan. Generasi milenial sangat suka kehidupan yang penuh dengan kemudahan. Terlebih lagi, mereka beranjak dewasa ketika teknologi sedang menaikkan ‘roket’ perkembangannya, terutama ketika mereka menggunakan digital dalam berbelanja.

Jadi, Advertising/Media Periklanan sangat penting untuk dijadikan alat promosi produk atau layananmu agar semakin banyak digunakan. Semakin kita aktif memasang iklan, semakin besar peluang dalam menjangkau produk atau target pasar/audience.

Bagaimana? Apakah tulisan ini sedikit membuka pemikiran kawan semua agar bisa lebih aktif lagi dalam memainkan pasar/jangkauan audience, untuk dapat melihat produk apa yang kita punya dan kita tawarkan.

Penulis : Titah Arumsari,S.IKomunikasi, Staff Tata Usaha – SMK Negeri H.Moenadi Ungaran

KELUAR