Minggu, 26 Sep 2021
  • SMKN H Moenadi akan melaksanakan ANBK pada tanggal 20 dan 21 September 2021. Mohon doa dan dukungan ## SMKN H Moenadi merebut Juara 2 Cabang Voli Putra dalam POPDA

Bersiap PTM, SMKN H Moenadi Adakan Koordinasi dan Kerjabakti

Mengacu dari regulasi yang terbit yaitu yang pertama Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2021 tanggal 23 Agustus 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Kedua Instruksi Gubernur Nomor 10 Tahun 2021 Tanggal 24 Agustus 2021 Tentang Implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Provinsi Jawa Tengah dan ketiga Surat Edaran Gubernur Nomor  420/0011645 Tanggal 25 Agustus 2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Satuan Pendidikan dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Jawa Tengah.

Maka kebijakan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 adalah keselamatan dan keamanan peserta didik adalah hal yang utama, keberlangsungan pendidikan dan tumbuh kembang anak harus mendapatkan jaminan pemenuhan layanan pada masa covid-19 dan pemberian ijin pembelajaran tatap muka pada satuan pendidikan oleh pemerintah daerah/kanwil kemenag sesuai kewenangannya.

Agar siswa tetap mendapatkan pembelajaran selama pandemi maka dilaksanakan tiga strategi yaitu yang pertama Pembelajaran Tatap Muka dilaksanakan secara selektif, bertahap, terbatas, memenuhi protokol kesehatan dan kedaruratan. Yang kedua Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh, Pengembangan kurikulum esensial, Proses Belajar Mengajar Adaptif dan Pelaksanaan Blended Learning serta Pembelajaran  Berbasis Project (PBP) dan strategi ketiga adalah Persiapan pembelajaran  tatap muka melalui tahap simulasi, uji coba bertahap, adaptasi kebiasaan PBM baru sesuai prokes dan  pengembangan PBM  terkendali.

Berdasarkan level pandemi diterapkan sebagai berikut level 4 dan vevel 3 (dalam wilayah aglomerasi Level 4) maka pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sementara level 3 (diluar wilayah aglomerasi Level 4) dan Level 2  dilaksanakan Simulasi PTM dan PTM Terbatas. Karena Kabupaten Semarang masuk level 3 maka berdasarkan ijin dari pemerintah propinsi maka sekolah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka melalui simulasi dan PTM terbatas. SMKN H Moenadi termasuk sekolah yang ditunjuk melaksanakan PTM terbatas besok Senin, 30 Agustus 2021.

Dalam upaya untuk melaksanakan PTM terbatas dengan lancar, hari ini Sabtu, 28 Agustus 2021 dilaksanakan rapat koordinasi dan kerja bakti semua warga sekolah. Plt Kepala SMKN H Moenadi, Ardan Sirodjuddin menegaskan bahwa “Rapat koordinasi dan kerja bakti ini sebagai bentuk layanan terbaik untuk menyambut anak didik melaksanakan pembelajaran tatap muka besok Senin”.

Penulis : Taat Sutarso, Guru SMKN H Moenadi Ungaran

KELUAR